Permintaan
pelanggan atas proyek
Permintaan pelanggan atas proyek
Pengertian Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau
instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa
secara berulang – ulang Pengumpulan Informasi, Pengelolaan Dan Implementasinya
Di Tempat Kerja. (Kurnia, 2016)
Permintaan adalah sejumlah barang
yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan
berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin
dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.
(wikipedia, 2016)
Macam – macam pelanggan :
1) Pelanggan dari segi banyaknya
2) Pelanggan dari segi usia
3) Pelanggan dari segi jenis kelamin
4) Pelanggan dari segi tingkat pendapatan
5) Pelanggan dari segi pendidikan
6) Pelanggan dari segi waktu pembelian
7) Pelanggan dari segi alur penjualan
8) Pelanggan dari segi geografis
9) Pelanggan dari segi agama
B. Kebutuhan Pelanggan
B. Pangsa pasar proyek
Analisis pasar dalam hal ini
meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif misalnya
mengidentifikasi, memisahkan dan membuat diskripsi pasar. Sedangkan analisis
kuantitatif misalnya menghitung besarnya perkiraan penjualan satu tahun yang
akan datang. (Devinta, 2015)
Pada umumnya analisis pasar
meliputi: Deskripsi pasar antara lain daerah atau luas pasar, saluran
distribusi dan praktek perdagangan setempat. Analisis permintaan masa lalu dan
masa sekarang termasuk besarnya jumlah dan nilai konsumsi barang/jasa yang
bersangkutan serta identifikasi konsumen barang/jasa. Analisis penawaran
barang/jasa pada masa lalu dan masa sekarang (baik dari impor maupun produksi
lokal) juga termasuk informasi mengenai keadaan persaingan, harga penjualan
yang terjadi, kualitas dan strategi pemasaran para pesaing. (MudaAktif, 2012)
• Lingk ungan eksternal adalah
semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi
perusahaan (Chuck Williams, 2001:51).
• Lingkungan eksternal terdiri dari
unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan
berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer (T.Hani Handoko, 1999:62).
• Lingkungan eksternal terdiri atas
unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang relevan pada kegiatan
organisasi itu (James A.F. Stoner,1996:66) (Oktari, 2011)
Permintaan pelanggan atas proyek
Jika dihadapkan pada suatu proyek
yang benar-benar merupakan lompatan solusi, coba ajukan pertanyaan ini pada
sejumlah orang: “Mengapa?” Mengapa proyek itu digambarkan seperti ini? Apa
masalah yang coba dipecahkan orang-orang? Pada area mana kinerja tidak mencapai
tujuan?
Jangan abaikan peringatan bahwa
terkadang pertanyaan di atas dapat berisiko, khususnya pada organisasi di mana
data masih belum banyak berperan. Manajer pendukung proyek mungkin
bertanya-tanya apakah Anda meragukan pengambilan keputusannya. Orang-orang
mungkin menduga Anda sedang melakukan penangguhan.
Untuk mengenali kebutuhan yang
sebenarnya dengan mudah:
Susunlah dokumen mengenal masalah
atau peluang. Gambarkan kesenjangan antara tingkat kinerja sekarang dan di mana
Anda seharusnya berada. Susunlah daftar pengaruh atas celah ini, termasuk
dampaknya pada orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Deskripsikan risiko
pengabaian celah dan keuntungan dari menutupnya.
Bagi dokumen itu. Gunakan
dokumentasi itu sebagai dasar untuk berdiskusi dengan manajer fungsional yang
mendukung proyek. Tunjukkan dokumentasi itu sebagai interpretasi Anda akan
keadaan sekarang dan mintalah masukan serta penjelasan.
Dapatkan izin untuk berfokus pada
kebutuhan sebenarnya. Jika Anda terus melangkah tanpa persetujuan, kinerja Anda
mungkin akan memburuk karena Anda tidak mencapai tujuan proyek semula.
(saefulloh, 2015)
Nama;agunglaksono
Kelas;xll TKJ 1
03
Tidak ada komentar:
Posting Komentar