Kebutuhan Pelanggan
1.Definisi
kebutuhan pelanggan
Pelanggan atau langganan merujuk pada individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, kata
ini sering pula diartikan sebagai seseorang yang terbiasa untuk membeli barang
pada suatu toko tertentu. Dalam berbagai pendekatan, tergantung dari sifat dari
industri atau budaya. Maknanya adalah pihak
ketiga di luar sistem
perusahaan yang karena sebab tertentu, membeli barang atau jasa perusahaan. Khusus untuk
nasabah, istilah ini digunakan mewakili pihak yang menggunakan jasa bank, baik
itu untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi keperluan pihak
lain.
2.Kebutuhan pelanggan
Pepatah yang
mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar.Mereka
mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan
merekauntuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran.
Rahasia bisnis
yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan
membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. (SSBelajar,
2016)
Kebutuhan pelanggan dapat didefinisikan sebagai barang atau jasa yang
dibutuhkannya untuk mencapai tujuan tertentu. Pelanggan memiliki kebutuhan yang
berbeda tingkatannya dan pengharapan pelanggan biasanya dipengaruhi oleh
nilai-nilai budaya, iklan, pemasaran, serta bentuk komunikasi lain, baik dari pemasok maupun sumber-sumber
lainnya. (Wikipedia, 2014)
Kebutuhan
maupun pengharapan pelanggan dapat ditentukan melalui wawancara, survei, perbincangan, penggalian data, atau
metode-metode pengumpulan informasi lainnya. Pelanggan
mungkin tak memiliki pemahaman jelas mengenai kebutuhannya. Bantuan untuk
menentukan kebutuhan dapat menjadi suatu layanan yang berharga bagi pelanggan.
Pada proses ini, pengharapan dapat diatur atau disesuaikan dengan kemampuan
produk atau jasa tertentu.
Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi
target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau
negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum,
kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi
untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk
mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan
data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai
tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi
produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini
produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target segmen. (nurfadli,
2015) (Alamy, 2013) (ratni_itp,
2012)
3.Faktor – faktor yang dapat
mempengaruhi:
Faktor
internal meliputi : Faktor
eksternal meliputi :
a. Motivasi a.
Keluarga
b. Persepsi b.
Kelas Sosial
c. Sikap c.
Kebudayaan
d. Gaya Hidup d.
Kelompok Referensi
e. Kepribadian
f. Belajar
Daftar pustaka
Alamy,
a. (2013, 11 29). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN .
Retrieved 8 4, 2016, from FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN : http://alamiami.blogspot.co.id/2013/12/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku.html
nurfadli, a.
(2015, 3 10). perilaku konsumen. Retrieved 8 4, 2016, from perilaku
konsumen: https://mistercela21.wordpress.com/2010/03/15/perilaku-konsumen/
ratni_itp. (2012,
6 7). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN. Retrieved 8
4, 2016, from FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN:
http://ratni_itp.staff.ipb.ac.id/2012/06/07/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/
SSBelajar. (2016,
8 3). Kebutuhan Pelanggan. Retrieved 8 4, 2016, from Retrieved:
http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Wikipedia. (2014,
2 18). Pelanggan. Retrieved 8 4, 2016, from Pelanggan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pelanggan
Nama;gunglaksono
Kelas;xll
TKJ 1
03
Tidak ada komentar:
Posting Komentar